TAHAPAN PROSES PEMBUATAN TOPI DI JASA GARMENT YANG PERLU ANDA TAHU  

Siapa saja entah itu pria maupun wanita tentu saja sudah pernah. Sebaliknya terlalu sering memakai topi yang merupakan sejenis penutup kepala dengan model yang beragam. Karena memang untuk penutup kepala yang satu ini sudah dikenal sejak lama. Bahkan awalnya memang identik digunakan oleh mereka yang memang tengah bekerja di lapangan. Untuk fungsi serta manfaatnya sendiri memang turut berkembang. Dimana sebagai mana modelnya yang memang hingga kini semakin atraktif. Bahkan kini banyak konveksi topi bisa menemukannya dalam beragam model. Selain itu bahan, warna serta harga. Dimana topi – topi ini sudah pasti bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Untuk pemakaian topi ini sendiri memang digunakan sebagai perlindungan. 

5 Tahapan Proses Pembuatan Topi Di Jasa Garment Yang Perlu Anda Tahu 

Salah satu produk topi yang cukup populer saat ini adalah snapback. Dimana topi ini adalah jenis topi yang berbentuk bulat melingkar belakang. Yakni dengan menggunakan gesper lubang dan bagian sintongSedangkan untuk jenis serta bentuk baseball ini memang terlihat bulat. Dimana terdapat mata itik di atas ventilasi lubang angin. Mungkin diantara anda ini penasaran bagaimana tahapan pembuatan topi di jasa garment topi diantaranya:  

  • Pemilihan bahan 

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan bahan yang harus digunakan. Bagian ini memang sangat menentukan. Karena memang kain yang bagus sudah pasti akan menghasilkan produk yang bagus dan bernilai tinggi. Bahan – bahan ini dapat berupa kain jenis rapel, original hingga katun dai maru 

 

  • Pemotongan 

Proses yang kedua adalah pemotongan cutting kain yakni dengan menggunakan alat mesin listrik otomatis. Dimana memang tajam bahan di garis sesuai dengan pola yang sudah disiapkan. Selain itu di garis dengan menggunakan pensil. Untuk pola snapback bulat unik ini memang disukai oleh para remaja. Sehingga pada dasarnya untuk pola yang paling depan ini mirip dengan topi baseball. 

 

  • Pembordiran 

Proses yang ketiga adalah penaruhan logo pada bagian depan. Dimana biasanya menggunakan mesin bordir sulam benang. Hal ini dikarenakan jika menggunakan bordir hasil akan kelihatan lebih bagus. Selain itu tahan lama serta tidak mudah luntur. Untuk mesin bordir otomatis komputer ada 18 kepala pada umumnya.  

 

 

  • Penjahitan 

Proses yang keempat ini adalah penjahitan. Dimana proses ini adalah tahapan untuk menyatukan jahitan pada bagian – bagian topi. Dimana bahan topi sudah di potong dengan menggunakan mal plastik sebagai master pembuatan topi model baseball dan snapback. Untuk menjahit topi ini pun harus memiliki skill keahlian tersendiri. Supaya dapat menghasilkan produk yang bagus dan nyaman. Selain peralatan mesin jahit ini diharuskan berfungsi dengan baik. Sehingga sebisa mungkin mesin jahit ini dalam kondisi baru sehingga proses kerjanya pun cepat. 

 

  • Pengepresan 

Proses yang keempat ini adalah yakni dalam membuat topi event adalah dengan cara di press menggunakan mesin bulat khusus.  Untuk pembentukan bulat topi.  Untuk mesin press berbentuk bulat dengan berbahan dasar baja. Ini memang dibuat khusus untuk ngepres topi. Sehingga berbentuk bulat seperti kepala. Untuk proses yang satu ini harus extra hati – hati. Karena topi di press baja panas dan hanya bisa dilakukan oleh yang sudah ahli. 

Nah, itulah ulasan terkait tahapan – tahapan dalam pembuatan topi di pabrik topi semoga bermanfaat serta dapat dijadikan referensi. Dengan begitu anda bisa memperoleh topi yang bagus.  

Leave a Comment